Cara Melegakan Dan Mengosongkan Memori Internal Pada Android

Mempunyai smartphone dengan sistem android emang sangat menyenangkan, bagaimana tidak hampir semua aplikasi ada pada sistem operasi android. Semua jenis aplikasi bisa kita download dengan mudah melalui playstore.

cara mengosongkan memori internal

Saat kita semakin banyak menginstall aplikasi dan game-game keren untuk smatphone, memori internal yang besar pun berasa kurang, apa lagi buat kamu yang doyan foto-foto dan menyimpang video di android kamu.

Meskipun banyak sekarang vendor yang sudah memberikan memori internal yang sudah cukup besar mulai dari 32GB sampai 64gb. Misal produk hp besutan dari xiaomi, samsung, oppo, dan masih banyak brand-brand besar lainya.

Bagi kamu yang doyan main game, apalagi game-game yang mempunyai grafis tinggi(HD), memori internal memang sangat menunjang kebutuhan kalian dalam bermain game.

Untungnya, sekarang sudah banyak tersedia fitur bawaan dan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kita dalam memanajemen pemaikan memori internal kita.

Cara Mengatasi Masalah Tidak Cukup Ruang Pada Android.


Bersihkan Cache

Cara pertama sekaligus cara yang paling mudah untuk melegakan memori intenal, cache bisa di sebut tempat penyimpanan sementara atau biasanya di gunakan memori untuk menyimpan hasil proses dari sebuah aplikasi, semua aplikasi pasti menyisakan sebuah cache.

Meskipun cache sendiri sifatnya hanya sementara, jika kita tidak rutin untuk mengecek dan membersihkan nya bisa membuat memori internal kamu penuh.

Bagi kamu yang belum tau cara membersihkan cache bisa menyimak cara di bawah ini:

Cara Melegakan Memori internal Android
  1. Buka menu pengaturan / Settings
  2. Kemudiang kamu bisa mencari menu penyimpanan / Storage.
  3. Nah saat proses pembacaan memori internal maupun ekternal pada hp android, kamu akan di beri list file, salah satunya Cached data
  4. Kamu bisa menekan pada cached data dan natinya akan keluar notif untuk menghapus cache tinggal  pilih yes / ya maka cache di hp android kamu akan di hapus, ulangi cara ini secara rutin sekitar 3 sampai 4 hari setelahnya, agar memori internal kamu tetap lega
Untuk kamu para pengguna smarphone xiaomi pastinya sudah di berikan aplikasi cleaner, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membersihkan cache dengan cukup mudah tampa perlu masuk menu pengaturan.

Memindahkan File Ke Memori Eksternal

Salah satu cara yang efektif dalam melegakan atau mengosongkan memori internal android adalah dengan memindahkan file kita dari memori internal ke memori eksternal(Kartu SD).

Kamu bisa melakukannya cukup dengan aplikasi file manager bawaan smartphone android kalian, jika kalian tidak mempunya memori eksternal kalian bisa menggunakan laptop atau bahkan USB OTG, yang notabene nya sekarang smartphone terbaru sudah mensupport USB OTG .


Upload File Ke Google Drive. 

Buat kamu pengguna smarphone yang mempunyai koneksi internet kenceng dan stabil, cara satu ini
bisa jadi alternatif untuk di coba, kenapa tidak !

Sekarang sudah jamannya internet, semua orang punya email, yang sebagian besarnya sudah di
kuasai pihak google.

Siapa yang gak punya akun google?

Gak mungkin kalo gak punya, google sudah menfasilitasi kalian dengan google drive yang bisa kamu akses dengan akun google kamu.

Google drive sendiri memberikan cloud storage (penyimpanan online) sebesar 15gb untuk akun personal, bukan memori yang kecil kan!

Hapus Aplikasi, Foto/Video Yang Sudah tidak Di Perlukan

Memori sebesar apapun kalau kamu tidak pintar memanajemen penyimpanan, akan penuh pada waktunya, pengguna smartphone harusnya pintar dalam pemilihan aplikasi apa saja yang di install pada smartphone androidnya.

Yang doyan banget selfie atau mengabadikan momennya, kamu juga harus pintar mana foto/video yang harus kamu simpan dan kamu hapus, sehingga memori internal tetap mempunyai ruang untuk menyimpan file di lain waktu.

Lakukan Faktory reset(setelan pabrikan)

Bila semua cara diatas masih kamu anggap kurang, bisa mencoba cara yang satu ini, mengembalikan semua setelan ke pengaturan pabrik.

Dengan catatan :

  • Semua aplikasi yang kamu download melalui Playstore akan di hapus.
  • Foto dan video yang kamu simpan pada memori internal akan terhapus.
  • File yang berada pada memori internal pun akan di kosongkan. 

Jika kamu ingin melakukan hal ini,  kamu bisa ikuti cara di bawah ini:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Lalu gulir kebawah sampai menemukan menu pengaturan tambahan
  3. Lalu pilih menu Backup dan Reset.
  4. Lalu pilih menu hapus semua data(factory reset)
  5. Lalu pilih semua file yang ada di telepon.
  6. Maka proses akan di jalankan, proses ini memerlukan waktu cukup lumayan lama sekitar 20 menitan, tergantung smarphone android apa yang kamu gunakan.

Cara-cara di atas bisa kamu coba sendri di perangkat android kamu, mungkin beberapa menu tidak sama dengan dengan perangkat android yang kamu gunakan, semoga cara ini bisa mengatasi masalah pada memori internal android anda.

Sekian artikel yang pendek ini, semoga bisa menfaat untuk para pembaca semua.

Bagitutor.com Situs yang memberikan informasi terbaru tentang dunia internet, dunia gadget dan komputer dan pengalaman pribadi

0 Response to "Cara Melegakan Dan Mengosongkan Memori Internal Pada Android "

Post a Comment

Berkomentar lah dengan bijak, agar di publish oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel