Mudah Cara Jitu Atasi Sinyal Android Yang Lemah

Sebagai pengguna smartphone pada jaman sekarang yang selalu memerlukan akses jaringan maupun internet pasti sangat terganggu bila sinyal tiba-tiba menghilang begitu saja, sebelum melanjutkan ke cara mengatasi hal tersebut, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang bisa mempengaruhi kinerja jaringan di smartphone kita. 

Pada suatu wilayah yang sudah terjangkau terhadap sinyal provider, belum menetukan bahwa kualitas sinyal yang di tangkap hp android kita pasti kuat.

Mungkin banyak dari sobat yang tinggal di pinggiran kota maupun desa sudah sering mengalami sinyal yang kurang stabil, hal ini juga di pengaruhi oleh tower sinyal yang jauh dari daerah sobat atau memang banyak pengguna provider di daerah sobat, sehingga membuat sinyal terbagi ke banyak pengguna.
Banyak faktor yang mempengaruhi hal itu, bisa saja ketika angin di wilayah anda sedang kencang, misal ketika sedang hujan maupun mendung, cuaca seperti bisa saja membuat kualitas sinyal kita menurun.

Apabila sinyal sobat sedang lemah akan sangat mengganggu saat sedang ingin berkomunikasi ke sanak saudara bahkan yang mempunyai bisnis online yang selalu menggunakan akses internet jadi
tidak bisa menangani pelanggannya secara cepat.



Untuk itu ketahui sedikit tips untuk menangani sinyal yang sedang lemah yang sudah bagitutor rangkum sedemikian rupa hingga menjadi sebuah artikel ini.

Tips Menangani Sinyal Android Yang Hilang Atau Lemah

Berikut ini adalah sedikit tips untuk menangani kalian yang sedang mengalami susah sinyal yang bisa kalian coba terapkan, dan semoga bisa membantu sobat mengatasinya.
 

Cara mengetahui kekuatan sinyal operator

Pada cara ini kalian cukup dengan mengecek sinyal operator provider yang sobat gunakan, apakah sudah bagus atau belum?.

Sinyal jaringan sendiri dinyatakan dengan sebuah satuan dBm(Decibel Milliwat) contohnya -96 dBm. Kekuatan sinyal tersebut bisa kita lihat pada angka yang tertera pada smartphone android sobat, semakin kecil angka (dBm) yang di tampilkan maka semakin bagus pula sinyal. Jika hasil yang di tampilkan semakin besar(diatas -110 dBm) sudah dipastikan sinyal di daerah sobat jelek

Cara melihat kekuatan sinyal bisa kalian cek pada pengaturan
Hampir di semua android, letak menu untuk melihat sinyal sama.


  • Buka menu pengaturan
  • Lalu pilih about phone (tentang ponsel)
  • Kemudian pilih status, kamu sudah bisa melihat kekuatan sinyal

Merubah settingan APN

Acces point name atau bisa di sebut apn adalah sebuah kode penyambung perngakat elekronik bisa berupa smartphone, tablet, ataupun komputer ke jaringan internet, dengan merubah settingan ini kalian bisa mendapatkan hasil yang lumayan signifakan.

akan tetapi kamu harus hati-hati dalam merubah settingan APN, jika salah maka bisa berakibat kita tidak bisa menggunakan akses jaringan sama sekali, untuk cara merubah setinga apn, sobat bisa mencarinya di internet, kalo di jadikan satu nanti takut kepanjangan sobat bacanya. Kan capek!!!
 

Mengatur jaringan ke 3G/4G only.

Pada cara ini kalian bisa mencoba merubah pengaturan jaringan sobat ke 3g atau 4g only, kenapa harus di ganti? Karena di daerah tertentu memang sudah tersedia akses ke 4g, akan tetapi belum stabil, maka bagitutor menyarankan untuk mencoba menggati pengaturan ini.

Dengan cara ini dimaksudkan untuk memaksa smartphone android sobat untuk mencari hanya satu sinyal saja, tidak terbagi ke sinyal manapun, namun dengan cara ini penggunaan baterai akan sedikit terasa boros karena hp sobat akan dipaksa terus-menerus untuk mencari sinyal.
 

Menghidupkan Mode Pesawat

Bila sobat sangat kesal dengan sinyal android yang lemah, cukup dengan sabar dengan keadaan sambil mencari cara bagaimana untuk mengatasinya. Dengan demikian sobat bisa berfikir jernih dan akan mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan cara menghidupkan mode pesawat selama kurang lebih 30-60 detik, lalu matikan kembali membuat hp android kalian mengakalibrasi kembali sinyal, jika sinyal pada smartphone sobat masih lemah berarti memang adanya gangguan pada operator seluler yang sobat gunakan mengakibatkan sinyal lemah.
 

Ganti operator seluer

Apabila sobat sudah melakukan banyak cara tetapi masih mengalami sinyal lemah dan hilang datang di android sobat.

Sebaiknya sobat mengganti sim operator seluler yang sedang di gunakan, mungkin karena tempat dimana kalian tinggal belum memiliki sinyal yang bagus untuk operator seluler tersebut.
 

Melakukan Restart Android

Bila dengan cara menghidupkan mode pesawat tidak membuahkan hasil maka sobat perlu mencoba cara terakhir dengan cara merestart hp android sobat.

Dengan merestart android, sobat akan mendapatkan sinyal kembali karena nanti setelah smartphone android sobat sudah hidup akan menyesuaikan kembali penggunaan sinyal yang mungkin sedang di gunakan pada aplikasi yang berjalan di latar belakang yang tidak kita ketahui.

Sekian artikel ini, semoga bisa membatu sobat untuk mengatasi sinyal lemah di smartphone android sobat, Terimakasih
Bagitutor.com Situs yang memberikan informasi terbaru tentang dunia internet, dunia gadget dan komputer dan pengalaman pribadi

0 Response to " Mudah Cara Jitu Atasi Sinyal Android Yang Lemah"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan bijak, agar di publish oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel