5 Emulator Android Untuk Linux

Sejak smatphone masuk ke bagian kehidupan, mulai saat itu juga mempengaruhi hampir semua kegiatan sosial kita, bila anda pengguna linux, dapat menjalankan aplikasi android langsung di dalam komputer anda sangat memudahkan kegiatan kalian, mulai dari hanya ingin merasakan fitur yang di sediakan oleh android maupun mencoba memainkan game-game yang ada di android.

Emulator android adalah sebuah aplikasi komputer yang dapat memungkinkan kalian menjalankan berbagai software(perangkat lunak) bahkan bermain game pada  komputer anda, dengan begitu anda tak memerlukan lagi membeli smartphone android yang mumpuni untuk menjalankan software maupun game-game yang kalian inginkan.


Emulator Android Untuk Linux


1.Genymotion



jika anda sendang mencari emulator terbaik untuk di gunakan untuk linux, maka kalian akan sering menjumpai emulator yang bernama genymotion ini di internet maupun di beberapa forum.
Emulator yang satu ini memang serbaguna dan memunkinkan pengguna menjalankan perangkat Android secara virtual, emulator yang tangguh satu ini menawarkan semua layanan yang sedang anda cari dalam kebanyakan emulator. Genymotion sendiri memastikan ke penggunanya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan memberikan opsi 3ribu lebih konfigurasi pada perangkat emulator android yang satu ini. Genymotion sendiri memberikan kita keleluasan dalam memilih tipe android berdasarkan api android, ukuran layar, sampai OS android yang ingin kita gunakan. Anda bisa membaca beberapa fitur yang sudah kami rangkum di bawah.

Fitur Genymotion


  • Para penggembang aplikasi dapat mengatur dan mencoba panggilan atau sms saat menggunakan aplikasi mereka dapat berfungsi dengan benar atau tidak
  • Anda dapat dengan mudah menyambungkan sensor yang ada di android ke emulator, seperti data dari sensor giroskop ke mesin linux anda dengan emulator android.
  • Genymotion mempunyai penyempurnaan dalam hal pixel yang artinya dapat menampilkan aplikasi android pada layar anda dengan ukuran yang sama persis seperti aslinya.
  • Emulator ini memiliki banyak farian android yang dapat kalian gunakan untuk menguji situs web di beberapa android sekaligus pada sistem linux. 


2. Andro VM

Emulator android untuk linux

Proyek Andro VM juga berasal dari pengembang yang sama dengan emulator Genymotion. Dan memang menunjukkan niat mereka untuk menghadirkan emulator android terbaik untuk kita gunakan. Emulator android yang satu ini mengemas begitu banyak aksesoris dalam satu paket dan jelas berada di antara salah satu android terbaik untuk linux.

Emulator yang satu ini menang dalam hal konektifitas ketimbang Genymotion, Koneksi internet yang stabil sangat di butuhkan untuk menjalankan Genymotion, namun berbeda dengan emulator yang satu ini, anda dengan leluasa menjalankan aplikasi tanpa perlu khawatir jika anda tidak mempunyai konektifitas jaringan apapun.

Fitur Andro VM


  • Emulator android untuk linux yang satu ini di lengkapi dukungan bawaan untuk sistem OpenGL, yang berfungsi pada sistem rendering yang lebih bagus ketimbang android yang kalian gunakan sehari- hari
  • Meskipun sangat bagus dalam hal kinerja dan efisiensi, emulator android yang satu ini mengharuskan anda mengisntal dan mengkofigurasi virtual box di linux kalian.
  • Emulator android yang satu ini memiliki fleksibilitas yang mumpuni, anda di berikan pilihan sistem 32 bit dan 64 bit. Sehingga dapat berjalan optimal dan lancar pada hampir semua sistem linux yang tersedia, terlepas dari variasi bit yang kalian gunakan. 
  • Berbeda dengan emulator android yang lainya. Anda bisa mengguanakan Andro VM bekerja dengan lancar tanpa harus terkoneksi dengan internet apa pun.


3. Anbox

Emulator android untuk linux

Anbox adalah salah satu emulator android untuk linux yang dikembangkan khusus untuk bermain dengan aplikasi Android langsung di sistem linux anda tanpa memerlukan aplikasi virtualbox. Salah satu emulator yang terbaik di yang perlu kalian coba.

Moto dari emulator yang satu ini adalah memungkinkan setiap pengembang untuk menjalankan aplikasi favorit mereka di sistem linux mereka terlepas dari distro yang berbeda. Jika anda mencari emulator android untuk bermain game yang paling hemat daya secara native maka anbox bisa untuk anda coba instal di sistem linux anda.

Fitur Anbox


  • Anbox pada saat anda install komponen OS android akan di tempatkan dan di optimalkan dan mencampur layanan inti dengan langsung ke mesin linux anda.
  • Emulator android Anbox memanfaatkan sebuah teknologi linux di jadikan sebuah wadah ( LXC) standar untuk membedakan antara emulator dan sistem linux kalian.
  • Anda di beri fleksibilitas dalam memilih sistem android yang ingin kalian gunakan mulai dari sistem operasi android Cupcake hingan dengan android Oreo
  • Emulator android yang satu ini bersifat opern source(dapat di modifikasi) yang dapat memenuhi keinginan para pengembang dalam bemain dengan software buatan mereka dan menambahkan beberapa paket yang bisa membuat nyaman para pengembang(developer)
  • Desain anbox yang di packing membuat sangat aman dibanding dengan kebanyakan emulator android yang ada di linux kalian.


4. Android-x86

Emulator android untuk linux

Android-x86 adalah salah satu pelopor emulator android yang populer untuk linux yang bertujuan untuk memungkinkan menjalankan menjalankan emulasi android anda dengan langsung ke perangkat keras PC anda.

Tujuan mereka adalah untuk memberikan emulator android terbaik untuk linux yang akan mengeluarkan ekosistem android dari chip ARM tradisional yang dapat di gunakan dalam smartphone dan akan berjalan secara sangat efisien di perangkat keraas berbasis AMD dan X86. Dan setelah berhasil menjalankan aplikasi secara intensif di sumber daya yang optimal dan tanpa sedikit tertinggal.

Fitur Android-x86

  • Android-x86 membutuhkan mesin virtual untuk dapat menjalankan aplikasi android, akan tetapi kalian juga bisa menginstal sebagai sistem live(dapat di gunakan tanpa menginstall), dengan menggunakan ISO
  • Android-x86 mempunyai sistem default yang dapat menyesuaikan resolusi layar yang kalian gunakan, sehingga membantu dalam proses penggunaan daya yang di hasilkan sistem linux kalian, sehingga bisa berjalan dengan cara yang jauh lebih optimal.’
  • Android-x86 menghadirkan dukungan bawaaan untuk wifi dan menyediakan GUI intuitif untuk mengakses dan mengatur koneksi jaringan wifi anda.
  • Jika kalian ingin mengatur penyimpanan memori android dapat secara langsung pada emulator, anda dapat melakukanya dengan cukup cepat dan mudah.
  • Android-x86 mempunyai mode debug standar yang memiliki busybox yang akan berguna ketika menemukan bug di aplikasi android anda,

5. Android SDK

Emulator android untuk linux

ini bisa kami bisa salah satu emulator android terbaik untuk linux yang bisa kalian download. Jika anda mencari informasi dan dukungan resmi langsung dari pihak google, pencipta android. Android SDK maka cocok untuk anda. Hampir setiap orang yang memilih untuk mengembangkan aplikasi android secara profesional yang menggunakan linux pasti menggunakan emulator android yang satu sudah sangat powerfull untuk menguji dan menjalankan aplikasi android mereka. Dari hal berselancar di android maupun bermain game android di emulator.

Sisi positif dari emulator yang satu ini memiliki banyak informasi yang banyak dan tutorial online dari android SDK yang membuatnya sangat mudah untuk beradaptasi bahkan untuk para pengembang software yang baru terjun di bidangnya. Jika anda mencari emulator resmi untuk linux maka kami bagitutor dengan sepenuh hati menyarankan anda mencoba mengintal emulator yang satu ini pada sistem linux anda.

Fitur Android SDK


  • Sebagai utilitas sebagai pemgembang Android resmi, android SDK hadir dengan dukungan bawaan yang sangat banyak, bahkan untuk semua fungsi android termasuk dukungan memori ekternal, transfer file yang mudah, wi-fi, GPS, Sensor dan masih banyak lagi.
  • Android SDK mengalahkan sebagian dari emulator android yang dapat di instal di linux, dalam junlah aplikasi yang di dukung.
  • Emulator SDK ini relatif lebih cepat daripada emulator android yang lain dan dapat memsimulasikan berbagai pengaturan dan fitur, termasuk dalam hal ARCore- platform Augmented Reality Google.
  • Android SDK memberikan fasilitas ke pengembang kemampuan untuk menyesuaikan sistem mereka sesuai keinginan, yang  merngarang ke pengembangan aplikasi yang lebih produktif.


Mungkin cukup artikel mengenai emulator android untuk linux, bila kalian mempunyai saran dan masukkan emulator yang sering kalian gunakan bisa berkomentar di bawah, semoga artikel ini bisa menambah referensi emulator untuk anda coba gunakan pada sistem linux anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Emulator Android Untuk Linux"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan bijak, agar di publish oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel