4 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Ketika laptop kita mati mendadak, bisa membuat pengguna kebingungan tentunya, kebanyakan dari kita selalu langsung mengecek bagian sumber daya(baterai laptop), apakah baterai yang membuat laptop kita mati sendiri?

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba saat bermain game

Mungkin saat kita bermain game, sedang mengerjakan tugas lalu tiba-tiba laptop kita mati seketika tanpa permisi, Nyatanya banyak faktor yang bisa membuat laptop kita mati sendiri, bisa jadi perawatan kita terhadap laptop yang kurang bagus dalam merawatnya.

Laptop juga memerlukan perawatan yang intensif, mulai dari cara kita men charge, membersihkan bagian-bagian terntentu yang berada pada laptop tentu sangat berpengaruh kepada laptop kita.

Kita perlu mendiagnosa terlebih dahulu apa yang menjadi masalah pada laptop kita, sebelum melakukan perbaikan ke laptop kita, agar tidak sia-sia.

Laptop mati sendiri sering terjadi pada laptop-laptop yang sudah berumur jika perawatanya kurang bagus, mungkin beberapa di bawah ini bisa membantu para pembaca agar bisa mengetahui permasalah yang terjadi pada laptop anda.

Penyebab Laptop Mati Sendiri :

Beberapa penyebab yang bisa anda gunakan untuk bisa memastikan apa saja yang membuat laptop anda mati seketika.


Processor Yang Panas: processor di laptop sendiri sudah memilikii limitasi suhu, kenapa di limit? karena jika tidak limit bisa langsung berakibat kerusakan terhadap komponen processor tersebut, adanya limitasi ini bisa membuat kinerja processor tetap pada standar pekerjaan nya.

Bisa di umpamakan saja anda hanya bisa kerja selama 5 jam, lalu di suruh kerja selama 7 jam, anda tidak akan bisa kerja secara optimal bukan. Begitu juga processor pada laptop

Komponen Rusak : komponen atau hardware yang berada pada laptop banyak macamnya, misalnya VGA, Ram, Processor, fan, dan masih banyak yang lainya, biasanya yang sering membuat laptop mati sendiri antara Ram dan fan, fan yang kurang bagus kinerjanya bisa membuat laptop cepat panas dan mati.

Baterai : laptop tak akan bisa bekerja tanpa adanya daya yang mengalir ke komponen-komponen laptop, anda mungkin kurang merawat bagian yang satu ini, sehingga membuat baterai nya cepat habis, atau kurang baik kinerjanya.

Nah untuk cara mengatasi masalah yang ada di atas anda bisa melakukan beberapa tips yang ada di bawah ini.

Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Overheating / Kipas Kotor

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi dan membuat laptop kita mati sendiri adalah kipas fan yang kotor pada laptop kita, terutama saat kita ke asyikan bermain game, kita tak jarang sekali perduli terhadap bagian suhu yang ada pada laptop, yang penting masih bisa bermain game, 

Cara mengatasinya, sering lakukan pengecekan suhu pada laptop anda menggunakan aplikasi pihak ketiga CoreTemp atau sejenisnya, 

penyebab laptop mati sendiri ketika di charge

Jika sudah cek bagian ventilasi fan pada laptop anda, sering-sering bersihkan bagian ini menggunakan kuas kecil, bersihkan dengan cara menggosok nya secara perlahan, dan jangan sampai posisi hidup ya.


Ram yang bermasalah

Cek bagian ram, apakah terdapat debu yang mempel atau tidak, cukup bersihkan bagian ini bagi kalian yang memiliki laptop yang sudah cukup berumur, karena pasti banyak terdapat debu di sana.

Memori ram yang bermasalah bisa jadi penyakit yang mengguras kantong anda, bagaimana tidak pada laptop-laptop yang keluaran terbaru banyak yang menggunakan ram yang sudah menempel pada motherboard, kita hanya bisa menambah kepingan ram,

Pasta Pada Processor

Pasta processor sendiri memiliki fungsi untuk menghambat panas processor yang menuju bagian heatsink. Jika pasta atau thermal processor ini sudah mulai mengering maka kinerja processor tidak akan berkerja dengan baik karena processor cepat panas,

Cara mengatasi masalah ini anda bisa mengganti thermal processor tersebut dengan membeli pasta yang berada toko komputer terdekat, biasanya harga di banderol sekitar 20 sampai 100 ribuan, tergantung merk yang anda beli.

Baterai Boros

Banyak laptop yang mengalami mati secara tiba-tiba meskipun baterai masih tersisa 15-7% , laptop kita pasti mempunyai pengaturan untuk memberikan pemberitahuan bahwa baterai sudah akan habis, jika anda tidak menghiraukan hal tersebut laptop akan secara otomatis mati.

cara mengatasi laptop mati sendiri saat booting , cara mengatasi laptop mati sendiri karena virus

Biasakan untuk mencharge menggunakan charge bawaan laptop, bila anda meminjam charge ke teman usahakan cek dulu daya ampere yang ada pada charge tersebut, biasanya jika ampere yang kurang memadai bisa berakibat pada masa baterai, dan pada saat mencharge pun memerlukan waktu yang cukup lama sampai baterai terisi penuh.

Bila dirasa baterai sudah boros jalan satu-satunya dengan mengganti baterai dengan yang baru.

Mungkin sekian artikel untuk merawat laptop agar tidak mati secara tiba-tiba, semoga bermanfaat bagi pembaca, semoga betah dengan artikel yang sudah kami rangkum ini. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan bijak, agar di publish oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel