Cara Merekam Layar Android Dengan Suara Internal Dan Eksternal

mau ngerekam aktivitas layar android? atau mau membagikan moment ketika kita bermain game!
apa mau jadi content creator di youtube, biar bisa ngasilin duit, sekarang emang lagi jaman-jaman nya nyari hobi yang bisa menghasilkan uang.

Sebenarnya banyak aplikasi perekam layar android yang sudah bertebaran di playstore kesayangan kita, mulai dari DU recorder, Mobizen, AZ recorder Dll .

Setiap aplikasi itu sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Mulai dari fitur "Pause" ketika kira merekam layar, bisa memasukkan custom watermark, atau menambahkan facecam dan suara internal android itu sendiri. 

Akan tetapi pada android keluaran terbaru sekarang fitur perekam suara internal pada smartphone android sudah di matikan oleh pihak google.

admin sendiri kurang tahu penyebabnya, info yang beredar sih karena banyak nya penyalahgunaan untuk pembajakan video/film, sebagian developer juga masih menyediakan fitur rekam internal suara sih, misal Samsung dan LG sendiri masih menyediakannya. 


Cara pertama : Aplikasi Perekam Layar Bawaan Xiaomi


Pada kesempatan kali ini bagitutor ingin membagikan sedikit trik agar smarphone Xiaomi kita bisa merekam Suara internal menggunakan aplikasi perekam bawaan hp kalian. gak perlu lagi deh download aplikasi dari pihak ketiga

Kita hanya perlu mendownload sedikit file saja. 

Penampakan awal pada perekam layar audio source hanya menyediakan suara mute dan mic. Suara internal tidak tersedia. tidak bisa merekam audio pada hp kita.



Sebelum kita lanjut ke caranya kita pastikan terlebih dahulu versi aplikasi perekam bawaan hp kalian versi berapa, disini aplikasi bawaan admin versi 1.4.1.


Kalian bisa mengecek versi aplikasi perekam layarnya pada Pengaturan > Aplikasi Terisntal > lalu cari aplikasi perekam layar bawaan hp xiaomi kalian. 

Jika sudah kalian bisa mengunjungi apkmirror atau bisa juga DISINI. < Aplikasi perekam versi 1.4.4.

Jika sudah mendownload cukup instal aplikasinya seperti biasa. 

Setelah proses penginstallan kita coba masuk ke aplikasi perekam layar bawaan kita, Dan akhirnya suara internal tersedia. Cara ini sudah admin test di hape redmi 4x dan pocophone, untuk seri lain silahkan di coba sendiri ya!!


Kekurangan dari aplikasi perekam layar bawaan Xiaomi yang admin rasakan sih ukuran cuma masalah ukuran file aja sih yang cukup besar, atau mungkin admin belum ketemu tuh setelan yang pas, kalo kalian udah nyoba bisa komen deh di bawah gimana aplikasi ini bekerja.

Cara Kedua: Menggunakan Aplikasi DU Recorder

pada cara kali ini kita di haruskan mendownload aplikasi baru di handphone kita. penggunaan aplikasi ini sih kurang lebih sama dengan aplikasi perekam layar lainya.

kalian bisa mendownloadnyadisini.

Kalian bisa mulai mensetting dengan cara klik tombol gear yang berada pada pojok kanan atas.


kalian bisa mulai mensetting dari resolusi layar, Fps(Framerate Per Second), Kualitas Video (Bitrate), Rekam audio.

Fungsi pengaturan perekam layar :


Resolusi Video : semakin besar resolusi video semakin bagus hasil rekaman

Fps : semakin besar fps semakin lembut pergerak gambarnya, admin saranin sih minimal 30fps.

Bitrate : Semakin besar bitrate semakin bagus, tetapi file hasil rekaman semakin besar, admin saranin. sih minimal kita memakai bitrate di 5 atau 6Mbps.

Nah pada bagian audio ini yang menjadi kekurangan dari apliksi ini, kalian tidak bisa merekam suara internal secara bersih,dan kalian di haruskan memakai hedset yang memiliki mic, jika kalian menggunakan headset yang tidak memiliki mic kalian tidak bisa merekam suara internal.

sisi positifnya atau kelebihannya kalian bisa rekam layar hp android dengan suara kalian tanpa harus menggunakan tambahan mic lagi, jadi gak perlu ribet kalo jadi youtuber gaming. 

mungkin cukup sekian pembahasan tentang aplikasi perekam layar, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua, semoga aplikasi dan cara ini bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merekam Layar Android Dengan Suara Internal Dan Eksternal"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan bijak, agar di publish oleh admin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel